0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berapa Jam Kita Harus Tidur Untuk Bakar Lemak?

Tidur. (dok: timlo.net/ mirror.co.uk)

Timlo.net—Selain olahraga dan diet, ternyata ada cara lain yang efektif untuk membakar lemak. Dan semua orang melakukannya setiap hari. Cara itu adalah tidur. “Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang [saat mencoba menurunkan berat badan] adalah tidak cukup tidur,” kata Shawn Arent, kepala the Center for Health and Human Performance di Rutgers University kepada Business Insinder.

Menurut the National Sleep Foundation, tubuh Anda memperbaiki diri sendiri dengan mengeluarkan hormon pertumbuhan saat tidur. Hormon itu memicu sintesa otot dan protein, juga proses pembakaran lemak yang disebut liposis. Jumlah hormon pertumbuhan mencapai puncaknya pada malam hari. Tidak cukup tidur membuat proses ini menjadi singkat. Penelitian menunjukkan tidur hanya empat atau lima jam per malam bisa menyebabkan obesitas.

Solusinya? Idealnya kita tidur tujuh hingga sembilan jam per hari supaya tubuh membakar lemak. “Tujuh hingga sembila jam seperti merupakan pola waktu yang konsisten supaya kita memperoleh perbaikan yang maksimal dan di mana resiko obesitas berkurang,” kata Shawn.

“Dengan kata lain, durasi itu adalah durasi yang baik di mana Anda tidak tidur berlebihan, Anda tidak kurang tidur dan ada cukup waktu untuk proses perbaikan terjadi,” tambahnya.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge