0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dosen Dituntut Hasilkan Karya-Karya Monumental

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta, Agus Sutomo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kendati harus memenuhi kewajiban, Sertifikasi Dosen (Serdos) harus didorong terus keberadaannya. Karena selain sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan, juga lantaran untuk meningkatkan kualitas dosen yang ada, termasuk kualitas perguruan tinggi.

“Kewajiban yang harus dijalankan oleh pemegang sertifikasi dosen adalah menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Antara lain, memenuhi proses pengembangan pendidikan, penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, keterlibatan dosen dalam manajemen perguruan tinggi, dan pengembangan keterlibatan didalam aktivitas kemahasiswaan,” jelas Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AUB Surakarta, Agus Sutomo kepada Timlo.net, di Kampus STIE AUB Surakarta, Jumat (13/10).

Selain itu, lanjut Agus, dosen juga dituntut menghasilkan karya-karya monumental. Salah satunya seperti karya ilmiah yang dipublikasi baik secara nasional maupun internasional. “Artinya hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen, outputnya harus dipublikasikan secara nasional atau internasional contohnya melalui jurnal,” jelasnya.

Namun demikian, menurut Agus, agaknya publikasi ilmiah melalui jurnal menjadi dosen bersertifikasi. Padahal hak sertifikasi dosen menjalankan kewajiban. Oleh karena itu agar hak dosen bersertifikasi terus diberikan, maka dosen harus pula menjalankan kewajibannya.

“Karena itu, perguruan tinggi harus selalu mendorong dosennya terutama yang sudah bersertifikasi agar selalu berkarya dan mempublikasikan karyanya melalui jurnal-jurnal nasional maupun internasional,” tandasnya.

Dosen agar tetap dikatakan pendidikan, menurut Ketua STIE AUB Surakarta, harus berkarya ilmiah dan hasilnya dipublikasikan secara nasional atau internasional. “Jika tidak mau berkarya ilmiah, ya harus mau dikeluarkan sebagai dosen, dan dialihkan menjadi tenaga kependidikan,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Agus, hingga saat ini diantara 80 dosen yang ada di STIE AUB Surakarta, ada sebanyak 60 dosen yang sudah bersertifikasi. Lainnya memang belum lantaran dosen baru.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge