0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kucurkan Rp 552 Juta, Baznas Bantu Pelajar dan Mahasiswa

Penyaluran zakat untuk pelajar SMA sederajat (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Badan Amil Zakat Nasional (BAZ NAS) Kabupaten Sragen kembali menyalurkan zakat kepada ratusan pelajar tingkat SMA/SMK/MA dan  guru  tidak tetap di Bumi Sukowati. Total bantuan yang disalurkan kepada kalangan pelajar, mahasiswa dan guru tidak tetap (GTT) ada Rp 552 Juta.

“Ini merupakan penyaluran dari Baznas yang ketiga. Sebelumnya kita telah menyalurkan bagi fakir miskin sebesar Rp 360 Juta. Kemudian untuk usaha ekonomi produktif dan kaum dhuafa sebesar Rp 710 Juta,” kata Ketua Baznas Sragen, Mahmudi.

Dalam acara pentasharufan zakat di Ruang Sukowati Setda Sragen belum lama ini, Mahmudi menerangkan perincian untuk penyaluran yang ketiga bagi para pelajar dan guru tersebut masing-masing untuk siswa SMA/SMK/MA sebanyak 300 orang masing-masing Rp  500 Ribu; mahasiswa sebanyak 52 masing-masing Rp 6 Juta, 200 guru tidak tetap masing-masing Rp 300 Ribu dan operasional sekolah setiap kecamatan dua tempat masing -masing Rp 1 Juta.

Namun demikian menurutnya, penyaluran zakat yang selama ini telah dilakukan Baznas dinilainya belum berjalan maksimal, yaitu baru sekitar 36 persen. Pihaknya bakal lebih optimal lagi dalam penyaluran zakat mendatang.

Asisten 1 Sekda Sragen, Endang Handayani menyampaikan, Baznas telah berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sragen. Zakat khusus untuk kalangan pendidikan ini dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk mendukung program pemerintah dalam mencetak generasi yang cerdas.

“Walaupun sekolah setingkat SMA menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, tapi Pemkab Sragen tetap peduli melalui penyaluran zakat dari Baznas bagi para siswa tersebut,” kata Endang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge