0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPR RI Upayakan Renovasi Stadion Manahan Dibiayai APBN

​Ketua Komisi X DPR RI, Djoko Udjianto​+ (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berjanji mengupayakan anggaran renovasi kompleks sarana olah raga Manahan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Renovasi tersebut diharapkan dapat mendongkrak prestasi Indonesia di bidang olah raga di tingkat Internasional.

“Sekarang ini baru Raker mengenai anggaran Kementerian. Baru hari Senin besok ya. Mudah-mudahan nanti (kita anggarkan),” kata Ketua Komisi X, Djoko Udjianto usai audiensi dengan Pemerintah Kota Solo di Manganti Praja, Kompleks Balaikota Solo, Kamis (12/10).

Ia berjanji akan memprioritaskan anggaran renovasi kompleks sarana prasarana olah raga di Manahan agar didanai APBN 2018. Apalagi, renovasi tersebut diusulkan langsung oleh Presiden Joko Widodo setelah orang nomor satu di Indonesia itu mengetahui kondisi Gor Manahan.

“Kalau pun tidak bisa di APBN 2018, kita bisa selipkan di APBN Perubahan 2018 nanti,” tambahnya.

Politisi Partai Demokrati itu mengaku malu dengan prestasi bangsa di bidang olah raga terutama di kancah internasional. Bahkan di tingkat Asean saja, Indonesia menduduki peringkat kelima. Menurutnya, hal itu disebabkan kurangnya dukungan sarana dan prasarana. Di samping, tentunya, kurang optimalnya pembinaan para atlit.

“Jangan sampai olah raga kita terus terpuruk,” kata dia.

Sebagia informasi, Pemkot Solo mengusulkan renovasi kompleks olah raga manahan agar dibiayai APBN. Pasalnya, biaya renovasi sarana olah raga seluas 170 ribu meter persegi itu dibutuhkan dana ratusan miliar rupiah. Renovasi yang diusulkan meliputi peningkatan kapasitas, penambahan kanopi untuk tribun penonton, renovasi gedung olah raga, lapangan tenis, serta velodrome.

“Tidak mungkin dibiayai daerah. Terlalu berat,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge