0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

E-Pajak Diyakini Mampu Dongkrak Penerimaan Daerah

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Solo, Yosca Herman Sudrajad (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Target penerimaan pajak daerah yang dilakukan oleh pemerintah kota (Pemkot) Solo pada tahun ini sebesar Rp 265 Miliar. Meski lebih besar jika dibanding tahun lalu, namun Pemkot optimis target itu bisa terealisasi dengan maksimal.

“Tahun lalu hanya Rp 236 Miliar, sehingga selisihnya jika dibanding tahun ini sekitar Rp 29 Miliar,” ujar Kepala DPPKAD Solo, Yosca Herman Sudrajad kepada wartawan, Kamis (12/10).

Kendati lebih besar, namun Yosca mengaku optimis penerimaan pajak daerah tahun ini bisa lebih maksimal. Pasalnya, dengan penerapan system elektronifikasi atau e-pajak yang dilakukan tersebut diyakini bisa menekan tingkat kebocoran penerimaan.

“Kalau dulu kan penarikan pajak dilakukan secara manual, jadi apa yang diberikan kita terima gitu saja. Tapi dengan adanya e-pajak ini semua transaksi hotel dan restoran dapat terpantau secara real time, sehingga kita optimis penerimaan pajak bisa naik,” jelasnya.

Hingga saat ini, ia menyampaikan dari target penerimaan yang dipatok sebesar Rp 265 Miliar sudah terealisasi sekitar Rp 210,9 Miliar. Adapun  untuk pendapatan pajak yang  berasal dari resto menyumbang sebesar Rp 26 miliar, pajak hotel sebesar Rp 20 Miliar dan pajak hiburan Rp 8 Miliar.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge