0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hebat, Tim Dokter RSDM Berhasil Angkat Tumor Ganas 18 Kilogram

Tim dokter RSDM berhasil angkat tumor ganas (timlo.net/heru gembul)

Solo — Tim dokter RSUD dr Moewardi (RSDM) berhasil mengangkat tumor ganas dari seorang pasien S (45). Keberhasilan ini merupakan terobosan di dunia medis, lantaran pengangkatan tumor ganas yang berada di tulang belikat ini, dilakukan tanpa melakukan amputasi.

“Tumor ini termasuk besar, dan menghabiskan tulang di bahu kiri pasien S. Setelah kami scan MRA, tumor ini kaya pembuluh darah dan terhubung dengan jantung,” kata Ketua tim dokter, dr Rhyan Darma Saputra, SpOT, saat jumpa media di RSDM, Solo, Kamis (12/10).

Dikatakan pada dasarnya tumor ganas memang sering dia temui. Hanya saja, tak separah tumor ganas yang berada di tulang belikat tersebut pasien asal Jawa Timur tersebut. Terlebih besarnya tumor ganas tersebut hampir sebesar kepala manusia.

Cara yang ia gunakan untuk mengangkat tumor tanpa melakukan amputasi, adalah dengan embolization pre-operative, atau membuat aliran darah tidak mengalir pusat tumor seberat 18 kilogram itu. Setelah berjuang didalam ruang operasi selama tujuh jam, akhirnya tumor ganas tersebut berhasil diangkat.

Meski begitu, dokter masih mengharuskan pasien untuk terus kontrol ke RSDM. Sebab tim dokter masih harus melakukan observasi terhadap pasien untuk memastikan tidak ada bibit tumor yang tumbuh kembali.

“Masih harus rajin kontrol. Kita juga masih belum meneliti jenis tumor ini. Pasien masih harus menjalani tindakan media lanjutan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge