0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Penghujan, Berbagai Komoditas di Pasar Legi Terkerek Naik

pedagang bawang merah (dok/redaksi)

Solo – Sejumlah komoditas kebutuhan pokok di Pasar Legi Solo berangsur naik sejak beberapa hari terakhir. Kenaikan harga itu karena dipengaruhi hasil produksi dari petani yang tidak maksimal akibat faktor cuaca.

“Untuk bawang merah dari sebelumnya Rp 13 Ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 15 Ribu per kilogram,” ujar salah seorang pedagang bawang, Sri Rahayu kepada wartawan, Kamis (12/10).

Kenaikan harga bawang merah itu, menurutnya, hal yang wajar. Pasalnya, saat memasuki musim penghujan hasil panen dari para petani banyak yang berkurang. Sehingga yang terjadi adalah hukum pasar, yaitu karena keterbatasan barang harga menjadi lebih mahal.

Kondisi yang sama juga terjadi pada komoditas cabai dan sayuran. Menurut pedagang lainnya, Wiwid, harga tomat, labu siam dan buncis belakangan ikut merangkak naik. Alasannya karena pasokan barang di tempatnya banyak yang berkurang setelah memasuki musim penghujan.

Misalnya untuk tomat dari sebelumnya Rp 4 Ribu per kilogram menjadi Rp 6 Ribu per kilogram, buncis dari sebelumnya Rp 4 Ribu per kilogram menjadi Rp 6 Ribu per kilogram, labu siam dari sebelumnya Rp 1.500 per kilogram sekarang menjadi Rp 2.500 per kilogram, cabai rawit merah dari Rp 9.500 per kilogram menjadi Rp 10.500 per kilogram, cabai merah keriting dari Rp 17 Ribu per kilogram menjadi Rp 22 Ribu per kilogram, dan cabai merah besar dari Rp14 Ribu per kilogram menjadi Rp 15 Ribu perkilogram.

“Musim penghujan ini tidak hanya pasokan barang yang berkurang, kwalitasnya juga jelek atau banyak yang rusak,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge