0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelangkaan LPG 3 Kg di Pengecer, Ini Tanggapan Pertamina

LPG 3 Kg langka (dok.timlo.net/red)

Solo — Kelangkaan LPG subsidi 3 Kg yang terjadi disejumlah pedagang pengecer di Kota Solo sejak beberapa hari terakhir tidak dianggap serius oleh PT Pertamina. Alasannya pedagang ditingkat pengecer bukan masuk dalam kewenangannya, sehingga kelangkaan itu tidak bisa dijadikan sebagai acuan bahwa  elpiji subsidi yang didistribusikan kepada masyarakat kurang.

“Kalau untuk kelangkaan ditingkat pengecer kosong ya kita tidak tahu, tapi kalau memang kondisinya demikian ya berarti pangkalan-pangkalan itu sudah bisa melayani langsung ditingkat end user yang layak mendapatkan subsidi,” ujar Area Manager Communication and Relation Pertamina Jawa Bagian Tengah, Andar Titi Lestari saat dihubungi wartawan, Kamis (12/10).

Menurutnya, LPG subsidi memang seharusnya hanya untuk masyarakat kurang mampu. Sehingga kalau acuannya kepada pedagang pengecer dianggapnya kurang tepat. Mengingat para pedagang itu selama ini menjualnya secara bebas kepada masyarakat, bahkan tak sedikit yang menawarkan harga melebihi dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan dari Pertamina.

Namun demikian, informasi tentang kelangkaan LPG 3 Kg itu menurutnya akan langsung ditindak lanjuti oleh timnya di lapangan, termasuk berkoordinasi dengan dinas terkait. Dan jika memang dianggap kurang, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan kembali melakukan penambahan stok barang.

“Pada dasarnya kita tidak melakukan pengurangan pasokan. Bahkan sejak Lebaran kemarin penambahan terus kita lakukan, sehingga seharusnya stok yang ada sekarang mampu mencukupi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah pedagang pengecer LPG 3 Kg di Kota Solo sejak beberapa hari terakhir mengaku terjadi kelangkaan. Selain karena permintaan yang meningkat tajam, kelangkaan itu terjadi juga karena minimnya pasokan dari pangkalan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge