0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beli Mesin Sensor Internet, Pemerintah Alokasikan Rp 200 Miliar

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp 200 miliar untuk pembelian mesin sensor internet. Keberadaan mesin sensor memang dibutuhkan oleh pemerintah untuk menanggulangi konten-konten bermuatan negatif. Terlebih dengan anggaran besar yang dikeluarkan untuk membeli sensor internet itu, diharapkan sebanding dengan tujuannya.

“Kalau dari kami berharap, mesin sensor itu bisa melakukan filtering yang diharapkan sesuai dengan aturan yang ada. Terus mengenai seberapa ampuh mesin sensor ini, kembali lagi nanti diujicobanya. Kita berharap bisa berjalan baik,” kata Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Jamalul Izza di Jakarta, Rabu (11/10).

“Soal nilai tendernya, mungkin Kemkominfo sendiri sudah memperhitungkan perangkat dan lain sebagainya sehingga nilainya seperti itu. Makanya dengan pemerintah mengeluarkan dana sebesar itu, kita berharap hasilnya sebanding,” tambah dia.

Seperti diketahui, mesin sensor internet ini berbasis crawling. Sebelumnya juga, Kemkominfo telah merilis sistem ticketing untuk pengaduan konten-konten yang berunsur negatif melalui Trust Positif.

Menurut Dirjen Aplikasi dan Informatika (APTIKA) Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan, mesin sensor ini ditargetkan akan mampu menapis seluruh konten-konten negatif dengan lebih cepat. Setidaknya, 50 persen konten negatif yang berseliweran di jagad internet akan bisa ditapis kala mesin dioperasikan.

“Selama ini pelaporan melalui situs Trust Positif diproses secara manual. Sementara, laporan mengenai konten negatif yang masuk itu banyak dan baru sedikit yang telah diproses. Jadi kalau ada mesin itu nanti, bisa lebih cepat dan otomatis karena menggunakan crawling,” ujar Semuel.

[idc]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge