0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Ini Syaratnya

Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto (dok.timlo.net/red)

Sukoharjo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo membentuk badan penyelenggara pemilu untuk persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2018. Badan Penyelenggara Pemilu di tingkat kabupaten ini terdiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Pembentukan badan penyeleggara pemilu ini dimaksudkan untuk persiapan pelaksanaan Pilgub Jateng 2018. Sebab dalam penyelenggaraan pemilu membutuhkan petugas pendukung sampai dingkat kecamatan dan desa,” kata Ketua KPU Sukoharjo, Kuswanto, Kamis (12/10).

KPU akan membuka pendaftaran petugas PPK Pilgub 2018 pada 13 – 17 Oktober 2017, sedangkan untuk pendaftaran PPS dimulai pada 13 Oktober sampai 1 November 2017. Syarat pendaftaran diantaranya, berusia minimal 17 tahun, bukan anggota partai politik, pendidikan paling rendah SMA sederajat dan berdomisili di masing-masing wilayah kerja PPK dan PPS.

Disamping itu, petugas PPK maupun PPS juga harus memiliki integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil yang akan dibuktikan saat tes wawancara. Sedangkan untuk komposisi PPK sebanyak lima orang dan PPS tiga orang sesuai dengan aturan dari provinsi maupun dari KPU Pusat.

“Setelah badan penyelenggara pemilu lengkap baru nanti akan dilaksanakan tahapan berikutnya untuk Pilgub 2018. Saat ini KPU sendiri menjalani dua tahapan, pileg 2019 yang sudah masuk tahap pendaftaran dan ferivikasi, dan mulai 13 Oktober pendaftaran PPK dan PPS Pilgub Jateng 2018,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge