0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekolah di Jepang Dianggap Tawarkan Makan Siang Terbaik di Dunia

Menu makanan di Jepang. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Menu dan kualitas makanan yang dijual di kantin sekolah di berbagai negara beragam. Ada yang menawarkan menu ala kadarnya dan tidak sehat. Menu makanan yang ditawarkan di sekolah-sekolah di Jepang dianggap sebagai menu makanan terbaik. Alasannya karena menawarkan pengalaman yang kaya di mana budaya, nutrisi dan keberlanjutan bertemu.

“Sudut pandang Jepang adalah makan siang di sekolah adalah bagian dari pendidikan, bukan rehat dari pendidikan,” ujar Masahiro Oji, kepala pendidikan kesehatan sekolah pemerintah Jepang kepada the Washington Post.

Makanan di sekolah-sekolah di sana berharga terjangkau, segar dan dibuat sendiri oleh para siswa. Anak-anak Jepang tidak hanya makan makanan yang mereka siapkan. Mereka juga belajar tentang elemen budaya dan nutrisi dari makanan mereka. Makanan berasal dari sayuran dan buah lokal. Menu makanan biasanya seimbang antara beras, sayuran, ikan dan sup. Setiap menu hanya menghabiskan uang sebesar Rp 34 ribu.

“Orang tua mendengar anak-anak bercerita soal apa yang mereka makan saat makan siang,” ujar Tatsuji Shino, kepala sekolah Umejima Elementary School di Tokyo. “Dan anak-anak meminta orang tua membuat makanan yang sama di rumah,” tambahnya.

Para siswa di sana juga belajar etika dan kerja sama saat mereka saling melayani dan membersihkan. Tingkat obesitas anak di Jepang termasuk yang terendah di dunia. Penelitian pada 2011 menemukan jika menu makanan di sekolah di Amerika berupa pizza, ayam dan kentang goreng. Sebanyak 29 persen anak lebih beresiko mengalami obesitas dibandingkan mereka yang membawa bekal dari rumah.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge