0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Panjat Gedung Rusunawa, Ini yang Dilakukan Petugas Damkar

Petugas Damkar Klaten melakukan rappeling di Gedung Rusunawa (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Para petugas pemadam kebakaran (damkar) diminta untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam penanganan kejadian kebakaran. Salah satunya dengan mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) dan mengantongi sertifikasi.

“Dengan Bintek ini diharapkan betul-betul memahami tugas dan fungsi petugas damkar. Meskipun saat awal masuk sudah menerima bimbingan dan pelatihan dari senior damkar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Klaten, Endang Hadiyati Setyowati, Rabu (11/10).

Bintek dan Sertifikasi yang digelar serentak di 38 kabupaten/kota selama lima hari,  9-13 Oktober, itu diikuti sebanyak 30 petugas damkar Klaten. Mereka akan menerima pengetahuan secara teori maupun praksis dari instruktur yang ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sedangkan instruktur Bintek, Wahyu Wibisono menerangkan, bintek di Klaten merupakan level I yang memuat materi tentang api, alat bantu petugas berupa Alat Pelindung Diri (APD), praktik rappelling. Selain itu juga ada tali temali, evakuasi, pertolongan pertama gawat darurat, hingga formasi regu untuk meminimalisir kecelakaan kerja. Hal itu terlihat saat latihan rappelling di kompleks Rusunawa Klaten.

“Bintek dan Sertifikasi ini menjadi bukti profesionalisme petugas damkar. Mereka akan diukur untuk mendapatkan tunjangan kinerja sekaligus menjadi petugas damkar yang profesional,” terang Wahyu, yang juga Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge