0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ingin Saingi KPK, Jaksa Agung Tolak Gabung Densus Tipikor

Jaksa Agung HM Prasetyo (merdeka.com)

Timlo.net – Jaksa Agung HM Prasetyo menolak bergabung ke dalam Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) bentukan Mabes Polri. Menurut Prasetyo, dia ingin agar tidak ada anggapan menjadi saingan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lagipula, kerjasama lembaga Polri dan Kejaksaan Agung dalam Densus Tipikor juga belum diatur dalam undang-undang.

“Di samping saya ingin menyampaikan menghindari ada anggapan nanti ini dianggap saingan KPK,” kata Prasetyo di Jakarta, Rabu (11/10).

Meski menolak bergabung, kata Prasetyo, Kejaksaan akan tetap menjalankan tugasnya untuk menerima hasil penyelidikan dan penyidikan terkait kasus korupsi dari Densus Tipikor sesuai aturan KUHAP.

“Yang dibentuk oleh Polri, kami tetap mengacu pada KUHAP di mana di situ diatur JPU menerima hasil penyidikan dan penyelidikan yang dilakukan penyidik Polri. Apakah itu kalau dulu bareskrim, dan sekarang untuk korupsi akan dilakukan Densus,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya tak masalah jika Kejaksaan Agung tak ingin ada fungsi penuntutan pada Densus Tipikor yang akan dibentuk Polri.

“Kalau jaksa tidak mau terlibat, ya tidak apa-apa. Sekarang kan kami juga punya Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim,” ujar Setyo.

[rzk]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge