0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gunakan Ponsel Dalam Penerbangan, Wanita Ini Ditahan Selama 3 Hari

Penggunaan ponsel di pesawat. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.net—Seorang penumpang pesawat di Cina ditahan awal bulan Oktober. Penumpang wanita itu ditahan karena menggunakan ponselnya dalam penerbangan ke Hangzhou melewati Bandara Internasional Guangzhou Baiyun. Hal ini menimbulkan kekuatiran di antara para warga Cina terkait larangan yang kontroversial di negara itu.

Maskapai penerbangan di Cina tidak akan segan-segan memperingatkan dan menahan penumpang yang kedapatan memakai ponsel mereka selama penerbangan. Itulah yang dialami oleh penumpang wanita itu. Dia menggunakan ponselnya untuk menelepon saat pesawat lepas landas. Wanita itu mengabaikan peringatan awak pesawat. Lalu dia merasa terganggu dan menimbulkan masalah.

Beberapa saat kemudian, wanita itu mengamuk. Menuduh kru pesawat menakut-nakuti dirinya dan bahkan memanggil mereka sakit jiwa. Pesawat itu berhasil mendarat dengan aman di Hangzhou. Tapi wanita itu ditahan oleh pihak berwenang selama tiga hari.

Kejadian serupa terjadi awal tahun ini. Pemerintah Cina menahan tiga penumpang karena penggunaan ponsel pada penerbangan antara Januari hingga Februari. Salah satu penumpang bahkan ditahan selama lima hari karena dia mendengarkan musik dari ponselnya saat lepas landas dan mendarat.

Akan tetapi, setelah kekuatiran para warganya juga kemajuan dalam penerbangan, Cina pada akhirnya membatalkan larangan penggunaan ponsel selama penerbangan. Pembatalan ini seharusnya berlaku pada 2017.  Wakil kepala Civil Aviation Administration of China, Zhu Tao mengungkapkan sebelumnya jika para penumpang akan diperbolehkan menggunakan ponsel selama penerbangan di masa mendatang, tulis Nextshark.

Menurut Straits Times, pemerintah Cina memberikan kebebasan kepada maskapai penerbangan untuk memutuskan jika mereka melarang atau memperbolehkan penggunaan ponsel dalam penerbangan. Banyak maskapai penerbangan asing mengizinkan penumpang menggunakan beberapa perangkat selama penerbangan. Misalnya perangkat smartphone dan laptop. Beberapa maskapai penerbangan Cina mengizinkan penggunaan laptop, tapi melarang penggunaan smartphone.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge