0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pakai Kostum Hiu, Pria Ini Ditahan Karena Larangan Pakai Burka

Maskot hiu. (dok: timlo.net/ metro.co.uk)

Timlo.net—Seorang pria berpakaian kostum hiu ditahan di bawah larangan pemakaian burka yang diterapkan di Austria. Pria itu berdiri di luar sebuah toko yang bernama McShark. Dia memakai kostum hiu untuk mempromosikan toko teknologi baru itu di Sienna, Austria.

Polisi mendekatinya dan memintanya melepas kepala hiu. Alasannya karena ada sebuah hukum baru yang melarang wajah ditutupi sepenuhnya di tempat umum. Saat dia menolak, dan berkata jika dia hanya melakukan tugasnya, dia ditahan dan didenda. Selain melarang pemakaian burka, hukum itu juga melarang orang berdandan seperti badut, memakai masker medis di luar rumah sakit atau memakai syal yang menutupi wajah.

Pemerintah Austria berkata jika larangan itu dimaksudkan untuk memastikan kesatuan masyarakat di dalam sistem masyarakat terbuka. Pelanggaran akan membuat pelaku didenda 150 Euro. “Penerimaan dan penghormatan terhadap nilai-nilai Austria adalah syarat dasar untuk hidup bersama dengan sukses di antara mayoritas masyarakat Austria dan orang-orang dari negara ketiga yang hidup di Austria,” kata pihak berwenang.

Walaupun disebut sebagai larangan burka, tapi kata-kata dalam hukum baru itu sengaja dibuat netral. Akan tetapi menurut Metro.co.uk, kata-kata nilai-nilai Austria dan orang dari negara lain yang tinggal di Austria dianggap mengacu kepada komunitas Muslim di sana.

Dipercaya seorang anggota masyarakat sengaja melaporkan pria yang menjadi maskot McShark itu kepada polisi. Tujuannya untuk menunjukkan cacat pada hukum baru itu. Warda Network, agensi iklan yang bertanggung jawab pada pembukaan McShark menulis di Facebook: “Hari ini kami berada pada pembukaan toko McShark dan maskot hiu kami didenda polisi Vienna karena larangan baru untuk memakai penutup wajah. Hidup memang tidaklah mudah.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge