0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dibangun, Kompleks Pemukiman untuk Warga Binaan

Sebuah kompleks permukiman pemasyarakatan akan dibangun di lahan 30 hektar milik Pemprov DKI Jakarta di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. (merdeka.com)

Timlo.net – Sebuah kompleks permukiman pemasyarakatan akan dibangun di lahan 30 hektar milik Pemprov DKI Jakarta di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang. Nantinya kompleks itu ditempati bagi warga binaan yang telah memasuki masa asimiliasi agar kelak siap bermasyarakat.

“Kami bekerjasama dengan Pemprov DKI untuk lahan yang akan dimanfaatkan ini,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkum HAM, Ade Kusmanto, Rabu (11/10).

Diterangkan Ade, kawasan ini nantinya akan dijadikan area permukiman pemasyarakatan.

“Jadi bukan Lapas (lembaga pemasyarakatan), karena model atau konsepnya berbeda dengan Lapas,” kata dia.

Adapun kerjasama antara Kemenkum HAM dan Pemprov DKI Jakarta ini, sebagai pemanfaatan aset milik Pemprov DKI Jakarta, berupa lahan yang menganggur di Desa Ciangir. Dijelaskan Ade, luas lahan yang dipinjamkan Pemprov DKI dalam kerja sama ini untuk dibangun Permukiman Pemasyarakatan seluas 30 hektar.

Menurutnya, rencana pemanfaatan lahan di Desa Ciangir sudah lama digagas dalam rangka mengurangi kepadatan warga binaan di lapas-lapas naungan Ditjen PAS selama ini.

“Warga binaan yang menempati Permukiman Pemasyarakatan adalah mereka yang sudah masuk pada tahap asimilasi atau menjelang masa bebas, supaya bisa siap kembali terjun dan bermanfaat di tengah masyarakat,” kata dia.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge