0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Kanker, Ini yang Dilakukan Polres Sukoharjo

Pemeriksaan kesehatan gratis di Mapolres Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Polres Sukoharjo kembali melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan dengan pemeriksaan IVA atau Papsmear dan periksa Payudara Sendiri (Sadari), Rabu (11/10). Kegitan ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah menekan angka kematian akibat kanker pada perempuan.

“Kegiatan ini kerjasama antara Polres Sukoharjo dengan BPJS, Laboratorium Budi Sehat dan Bhayangkari dengan pemeriksaan Papsmear dan Periksa Payudara gratis. Peserta dari masyarakat umum dari masing-masing polsek mengirim lima orang untuk ikut periksa gratis,” kata Paur Kesehatan Polres Sukoharjo, Iptu Retna Wiyati, Rabu (11/10).

Pemeriksaan gratis dilakukan di halaman parkir Mapolres Sukoharjo oleh petugas dari Laboratorium Budi Sehat dan petugas kesehatan Polres Sukoharjo. Pemeriksaan dilakukan kepada wanita yang sudah menikah, tidak berhubungan suami istri selama tiga hari terakhir dan tidak sedang dalam keadaan haid.

Pemeriksaan IVA ini dinilai penting untuk mendeteksi dini adanya kemungkinan adanya gejala kanker servik ataupun kanker payudara pada perempuan. Pasalnya kanker merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia setelah serangan jantung koroner, stroke dan influenza.

“Dan jika nantinya ada peserta yang setelah diperiksa ternyata ada gejala kanker akan kita kembalikan ke peserta tersebut untuk dilakukan konsultasi dengan dokter. Saya berharap dengan ini, akan berdampak menurunnya angka kematian yang disebabkan oleh kanker,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge