0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tiga Kompetensi yang Harus Dimiliki Lulusan Kebidanan

Sidang Senat Terbuka Ke 16 dan angkat sumpah Akbid Giri Satria Husada Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Lulusan akademi kebidanan dituntut untuk lebih percaya diri dalam menerapkan ilmunya didunia kesehatan. Bidan lulusan Akbid Giri Satria Husada Wonogiri dituntut untuk dapat bekerja secara mandiri dan bukan berharap menjadi pegawai negeri sipil (PNS).
“Kalian semua ini ahli madya, jangan berharap dan bercita-cita menjadi pegawai negeri (PNS). Mandirilah, dan kalau bisa cari kerjalah di luar Wonogiri,” ungkap Ketua Yayasan Akademi Kebidanan (Akbid) Giri Satria Husada Wonogiri, Y Sumarmo dalam sambutannya saat mewisuda 27 mahasiswi¬† D3 di Gedung Giri Wahana, Wonogiri, Rabu (11/10).
Mantan Wakil Bupati Wonogiri ini juga mengatakan, bidan lulusan Akbid naungannya diharuskan memiliki tiga kompetensi yaitu kompetensi ilmu, profesi dan etika.
“Kalau sedang pasien malahirkan itu ya harus sabar dan ramah, soalnya orang melahirkan itu sudah sakit belum lagi kalau melihat si bidan cemberut jadi tambah sakit, nah itulah kompetensi etika,” bebernya.
Politikus gaek Partai Golkar Wonogiri ini juga menyebut, bidan masih memiliki peluang kerja dan daya saing sangat baik. Ia pun meyakini, mereka dapat diterima di kalangan masyarakat luas dan dunia kesehatan. Karena bidan memiliki peranan penting didunia kesehatan. Tak hanya membantu wanita yang melahirkan, namun bidan juga memiliki peran banyak dalam kehidupan wanita. Mulai dari memberikan edukasi pada remaja putri hingga pengaturan kesuburan sesudah melahirkan.
“Edukasi bagi remaja putri saat menstruasi,edukasi kesehatan reproduksi, dan memberikan edukasi agar jangan sampai remaja putri ini hamil di luar nikah.Bahkan bidan masih mendampingi wanita serta memantau tumbuh kembang bayi yang dilahirkan. Dan itu terus berjalan sampai masa reproduksi selesai atau saat wanita masuk menopause,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge