0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Duduk Hilangkan Manfaat Olahraga?

Duduk. (Dok: Timlo.net/ Google Images.)

Timlo.net—Anda mungkin pernah mendengar sebuah frasa trendi, “duduk adalah merokok gaya baru”. Walaupun frasa itu berlebihan karena membandingkan dua tindakan berbeda. Tidak ada kegiatan yang sama merusaknya dan mematikannya terhadap tubuh seperti merokok. Tapi penelitian menunjukkan jika duduk dalam waktu lama mungkin berbahaya. Bahkan jika Anda berolahraga secara teratur.

Para peneliti menyimpulkan jika semakin lama orang duduk, entah di depan meja kerja, di sofa atau di mobil, resiko kematian dini, penyakit kardiovaskular, kanker atau diabetes tipe 2 semakin besar. Data ini berasal dari hasil survei dari lebih dari 40 penelitian.

Olahraga teratur terutama dengan aktivitas fisik yang tinggi bisa mengurangi efek merugikan itu. Tapi tidak seluruhnya. Sebuah analisa terhadap belasan penelitian menyimpulkan jika kita perlu olahraga fisik dengan intensitas sedang paling tidak 60 menit per hari bila ingin mengurangi efek buruk duduk. Olahraga itu bisa berupa jalan-jalan santai, menari atau tenis. Tapi penelitian lain menyimpulkan sekalipun orang aktif olahraga, tapi efek negatif duduk terhadap tingkat insulin dan lemak darah tidak berkurang.

Kerusakan akibat duduk dalam waktu lama dikarenakan berkurangnya aktivitas otot. Terutama pada otot-otot besar pada kaki dan punggung. Hal ini mengurangi kemampuan tubuh mengatur gula darah dan menghilangkan lemak tubuh yang berbahaya. Duduk dalam waktu lama juga bisa mempengaruhi fungsi pembuluh darah dan meningkatkan rasa lapar. Hal ini mendorong kita makan lebih banyak dan bertambah berat badannya, tulis CNN.

Untuk mengurangi waktu duduk, lakukan hal-hal berikut ini:

-Di tempat kerja, berdirilah selama beberapa menit setiap setengah jam. Mungkin saat menelepon, minum kopi atau rapat.

-Jika mungkin gunakan meja di mana Anda bisa berdiri dan duduk.

-Parkir motor atau mobil dengan jarak terjauh dari pintu kantor. Hal ini akan memaksa Anda berjalan lebih jauh. Berdirilah jika Anda mengenakan transportasi seperti bus.

-Di rumah, kurangi penggunaan komputer. Cobalah berdiri dan melakukan pekerjaan rumah tangga sembari menonton TV.

Jadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari hidup sehari-hari. Hal ini mencegah Anda memiliki gaya hidup pasif. Jangan menganggap olahraga hanyalah aktivitas fisik selama beberapa menit dalam sehari. Dengan demikian Anda akan meraih manfaat maksimal dari olahraga.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge