0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gusti Moeng Cs Resmi Diberhentikan dari Keraton

GKR Koes Murtiyah (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pengangkatan pejabat baru dalam Bebadan (Kepengurusan) Keraton Surakarta dilaksanakan di Sasana Handrawina, Minggu (8/10) lalu. Dengan adanya Bebadan baru ini, kepengurusan yang lama diberhentikan.

“Sinuhun sekaligus mengakhiri dan membubarkan Bebadan yang lama,” kata penasehat hukum Pakubuwana XIII, KPA Ferry Firman Nurwahyu Pradotonagoro, Selasa (10/10).

Pembubaran Bebadan lama yang digawangi GRAy Wandansari atau akrab dipanggil Gusti Moeng dilakukan dengan mencabut SK mereka. Bebadan yang lama diangkat berdasarkan SK yang ditandatangani Pakubuwana XIII Hangabehi tahun 2004 silam. Ferry menerangkan dengan berakhirnya tugas Bebadan yang lama, otomatis surat-surat yang pernah mereka buat dinyatakan tidak berlaku.

“Artinya, kalau ada surat-surat yang pernah ditandatangan Gusti Moeng cs, dinyatakan dicabut. Tidak berlaku,” tandasnya.

Ferry berharap pejabat-pejabat di Bebadan yang lama lapang dada menerima keputusan Sinuhun Pakubuwana XIII tersebut. Dengan kepengurusan baru, diharapkan terjadi penyegaran dalam Keraton Surakarta.

“Kita harus menyesuaikan dengan kemajuan jaman. Kabinet saja ada reshufle. Masak kita nggak ada,” kata dia.

Dikonfirmasi di Dalem Kayonan, Gusti Moeng mengaku belum menerima pemberitahuan sama sekali terkait pemberhentiannya. Ia bahkan baru mengetahui kabar pemberhentian Bebadan lama setelah ditanyai oleh sejumlah wartawan.

“Saya tahunya juga dari njenengan-njenengan ini,” kata adik Pakubuwana XIII yang dulu menjabat sebagai Pengageng Sasana Wilapa itu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge