0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Hari Kesehatan Jiwa, Puluhan Pemuda Turun ke Jalan

aksi hari kesehatan jiwa nasional (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Puluhan pemuda dari berbagai organisasikepemudaan menggelar aksi simpatik diseputaran Simpang Lima Sukoharjo, Selasa (10/10). Bersama petugas medis, mereka menggelar konselor aksio simpatik dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Jiwa Nasional.

“Banyak yang datang ke tempat saya cerita masalah gangguan jiwa seperti blank pikiran di kalangan remaja. Makanya kita serukan hati-hati penggunaan obat daftar G apapun tidak hanya pil PCC, ada juga Trihek dan dextro,” kata dokter peserta aksi, Kunari Mahanani, Selasa (10/10).

Selama ini di Sukoharjo sendiri belum pernah ditemukan kasus penyalah gunaan pil PCC seperti di daerah lain. Namun banyak penyalah gunaan obat daftar G seperti trihex dan diktro dengan cara mengkonsumsinya yang salah, sehingga memberikan efek seperti mabuk.

Dalam aksi ini peserta aksi membagikan pamflet tips konselor sehat kepada parta pengguna jalan di Simpang Lima. Pembagian pamphlet ini bertujuan agar para pengguna berani curhat atau konsultasi dengan orang tua, guru, sahabat, termasuk ke konselor remaja BNK.

“Kita harapkan dengan aksi ini bisa memberikan efek ataupun memberikan pengetahuan kepada masyarakat jenis obat yang dimungkinkan bisa disalah gunakan. Selain itu, juga agar pengguna berani konseling ke dokter ataupun ke relawan BNK,” tandas korlap aksi, Agus Widanarko.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge