0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

INCCA NTB Gandeng Solo Perkuat Destinasi MICE

Suasana table top yang dilakukan oleh INCCA NTB (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Indonesian Congress and Convention Association (INCCA) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ingin berkolaborasi dengan pelaku pariwisata Kota Solo dalam upaya pengembangan pariwisata berbasis Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE). Hal itu dilakukan karena adanya potensi pasar yang bisa dimanfaatkan, serta moda transportasi yang dianggap cukup menunjang.

“Dengan adanya kolaborasi yang bisa dilakukan tersebut saya berharap poros Solo dan NTB bisa semakin kuat.  Mengingat saat ini juga sudah ditopang dengan adanya rute penerbangan langsung Solo-Lombok,” ujar, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Faozal usai ‘Roadshow MICE and Table Top’, Selasa (10/10).

Menurutnya, peluang kerjasama itu bisa dilakukan karena melihat kedua daerah masing-masing memiliki karakteristik wisata dan budaya yang berbeda. Sehingga jika bisa dikongkritkan dalam bentuk program bersama, diyakini dapat mempermudah upaya promosi yang dilakukan.

“Kita juga siap memberikan fasilitas promosi gratis untuk Solo. Melalui pemanfaatan ruang-ruang yang ada di NTB. Seperti bandara, hotel, pelabuhan dan yang lain,” jelasnya.

Apalagi selama ini, lanjut Lalu potensi wisata di Solo cukup bagus namun belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat di NTB. Sehingga dengan adanya kolabarasi yang diusulkan itu diharapkan mampu meningkatkan promosi pada masing-masing daerah.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) INCCA NTB, M. Nur Haedin. Menurutnya, dengan adanya kolaborasi ini ditargetkan bisa meningkatkan pengembangan pariwisata khususnya dalam sector MICE.

“Target kita bisa mendorong kalangan swasta dan pemerintahan bisa memperkuat poros Solo-Lombok. Selain karena potensi pariwisata, hal itu juga sebagai upaya untuk memperkuat load factor rute penerbangan Solo-Lombok,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asita Solo, Daryono menyambut baik ajakan untuk dapat berkolaborasi pengembangan pariwisata tersebut. Pasalnya, ada kesamaan destinasi MICE antara masing-masing daerah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge