0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Miliarder Termuda di Dunia Berusia 27 Tahun

John Collison. (dok: timlo.net/ indy100.com)

Timlo.net—John Collison menjadi salah satu miliarder termuda yang masuk ke dalam daftar Forbes. Dalam daftar itu, terdapat 2.043 miliarder di seluruh dunia. Jumlah ini adalah jumlah terbanyak dalam daftar yang dibuat Forbes selama 31 tahun terakhir.

John dua bulan lebih muda dari pendiri Snapchat Evan Spiegel. Dia berusia 27 tahun. Bersama kakaknya Patrick, yang berusia 2 tahun lebih tua, keduanya mendirikan Stripe. Bermarkas di San Francisco, Amerika Serikat (AS), Stripe adalah platform software yang memampukan pembayaran online.

Keduanya adalah dua dari empat miliarder yang berusia di bawah 30 tahun. Pada 2007, saat dia berusia 17 tahun, John mendirikan sebuah sistem manajemen lelang online disebut Shuppa. Sistem itu dijual pada 2008 senilai $5 juta.

Dia lalu kuliah fisika di Harvard University. Pada 2011, bersama kakaknya dia mendirikan Stripe saat masih kuliah. Sejauh ini, Stripe mengumpulkan lebih dari $450 juta dari para investor. Visa, American Express dan Elon Musk merupakan beberapa investor yang mendanai software itu. Sekarang, bisnis software itu bernilai lebih dari $9,2 miliar, tulis Wired.

Dalam wawancara dengan Wired, dia membagikan nasehat yang akan dia katakan kepada dirinya sendiri saat lebih muda, “Mudah bagi orang untuk berpikir jika kesempatan terbaik sudah diambil. Saya benar-benar tidak berpikir jika itu benar sama sekali. Nasehat saya untuk diri saya yang lebih muda adalah jangan menerima begitu saja dengan dunia yang rusak, dan malah melihatnya sebagai kesempatan. Sebagai contohnya, saya pikir hampir semua orang tidak begitu bahagia dengan operator seluler mereka. Jika ada operator seluler yang lebih baik muncul, saya tidak berpikir jika orang benar-benar terkejut.”

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge