0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bangun Pasar Purwantoro, Pemkab Siapkan Dana Rp 50 Miliar

(Ilustrasi) Pasar Wonogiri Kota yang telah dibangun (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Tahun depan (2018), giliran Pasar Purwantoro dibangun. Rencananya pasar tradisional tersebut dibuat dua lantai. Untuk itu Pemkab Wonogiri telah menyiapkan anggaran mencapai puluhan miliar rupiah.
“Untuk pagu anggaran dari APBD Wonogiri 2018 Rp 50 miliar,” ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Guruh Santosa melalui Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Agus Suprihanto, Selasa (10/10).
Menurut dia, nantinya ntuk pengelolaan pedagang maupun dagangan akan dilaksanakan sistem zonanisasi.Sistem zonanisasi perlu untuk penataan pedagang dan barang dagangannya. Tujuannya kios dan los pasar menjadi rapi, enak dipandang dan memudahkan pengunjung ketika berbelanja kebutuhan.
“Jadi nanti ada zona makanan, sayuran, pakaian, dan lainnya,” beber dia.
Pasar Purwantoro  saat ini dihuni sekitar 998 pedagang, terdiri 134 pedagang yang menempati kios, dan 854 yang menempati los.
“Mereka setuju, bahkan dari kalangan pedagang memang ada keinginan, kios dan los tetap sama seperti sebelum dibangun, tanpa adanya zonanisasi. Tapi sambil berjalan akan kita berikan sosialisasi,” katanya.
Dia menyebut, saat ini baru dalam proses tahap pelelangan pekerjaan pembangunan pasar darurat, yang jaraknya sekitar 500 meter dari pasar setempat,yakni di lapangan Jetak. Pembangunan pasar darurat sendiri menelan biaya Rp 2,9 miliar dan ditargetkan Desember mendatang rampung.
“Hasil koordinasi, kita memilih lapangan Jetak sebagai pasar darurat, karena itu tanah milik Pemkab, jadi prosesnya tidak terlalu ribet,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge