0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Bukan Cinderella, Sukses Rahma dari Sepatu

(foto: Utami)

Timlo.net – Saat mengawali bisnisnya, dia menerima banyak cemooh. Namun kini Aulia Rahma membuktikan, merawat dan membersihkan sepatu orang bukanlah bisnis yang bisa dipandang sebelah mata. Setiap bulan dia meraup omzet puluhan juta rupiah dari jejaring waralaba yang sudah menasional.

Belum lama, tahun 2015 lalu Rahma yang masih mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Surakarta jurusan Geografi, sepakat dengan teman kuliahnya, Muhammad Fakih Fikri. Mereka mulai merintis bisnis perawatan dan pembersihan sepatu yang saat itu belum dilirik orang.

“Ide awalnya dulu dari Mas Fikri, yang mengajak bareng-bareng membangun bisnis perawatan sepatu. Tahun 2015 lalu, bisnis perawatan kebersihan sepatu belum banyak digeluti di Solo seperti sekarang ini. Masih sepi, dan kita pemain tunggal,” kata Rahma saat berbincang dengan TimloMagz belum lama ini.

Rahma menceritakan, tak mudah membangun usaha di tengah kesibukannya kuliah. Apalagi, bisnis kebersihan sepatu yang dipandang remeh oleh teman-teman kampus mereka. Tak jarang, usai jam kuliah rampung dirinya mengambil orderan sepatu milik teman-teman untuk dirawat.

Usai mengerjakan pekerjaannya, dia akan mengantarkan sepatu yang telah dirawat atau dibersihkan itu. Dengan mematok harga sekitar Rp 8.000, Rahma rela jemput bola untuk mewujudkan impiannya itu.

“Ada juga, teman kuliah yang ngolok-ngolok, tapi tidak saya pedulikan, justru jadi semangat untuk membuktikan bahwa bisnis ini sangat potensial dan saya bisa sukses,” ungkap Rahma optimis.

Kurang dari tiga tahun, bisnis perawatan dan kebersihan sepatu yang diberi nama SOC CLEAN itu tumbuh pesat. Dari yang awalnya hanya satu gerai di Kota Solo, kini sudah ada tiga gerai dibuka.

Tak tanggung-tanggung, Rahma tak ingin menyia-nyiakan kesempatan dengan membuka franchise bisnis yang dirintisnya tersebut. Saat ini, SOC CLEAN telah memiliki 34 outlet franchise tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam memilih produk perawatan dan kebersihan sepatu, Rahma tak ingin main-main. Pasalnya, bisnis perawatan dan kebersihan sepatu yang dijalankan sangat tergantung dengan bahan pembersih yang digunakan.

Dalam penggunaan bahan tersebut, Rahma memercayakan pada produk Salable Cleaner. Produk yang sengaja diracik secara khusus ini, saat ini dikembangkan oleh rekanan bisnis SOC CLEAN.

“Kalau untuk bahan pembersih, saat ini dikerjakan oleh rekan saya, Mas Fikri. Saya yang bagian SOC CLEAN, sedangkan ia di bagian penyetokan bahan pembersih, Salable Cleanernya,” jelas Rahma.

Produk yang digunakan tersebut, sangat aman dalam penggunaannya. Selain itu, juga tak kalah dari produk luar negeri yang diperuntukkan khusus untuk membersihkan sepatu.

“Awalnya dulu kami menggunakan produk luar dalam membersihkan sepatu ini, tapi semakin lama susah didapat dan harganya melambung tinggi. Hingga akhirnya berhasil menciptakan produk sendiri yang tak kalah dengan produk bikinan luar negeri,” jelas Rahma.

Dengan begitu, lanjut Rahma, harga yang ditawarkan di pasaran juga cenderung murah untuk layanan kebersihan dan perawatan sepatu. Terlebih bagi para mahasiswa yang ingin menggunakan jasa mereka.

“Terkait harga tergantung penanganan yang dilakukan, tapi harga yang ditawarkan sangat murah mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 120.000 dengan berbagai jenis sepatu yang biasa digunakan,” ungkap Rahma.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge