0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Bawah Satu Atap, Tugas TNI dan Polri bakal Lebih Mudah 

Kasdim 0727/Karanganyar Mayor Mantang menerima kunjungan Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto di Makodim Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Posko bersama anggota Polisi dan TNI di desa bakal memudahkan deteksi dini gangguan Kamtibmas. Bupati Karanganyar Juliyatmono berharap keberadaannya meminimalisasi tindakan pelanggaran hukum di desa.

“Misalnya kenakalan remaja di kampung. Tentu anak-anak itu akan sungkan berbuat hal kurang baik karena dekat dengan rumah kantor Babinkamtibmas dan Babinsa. Banyak hal dapat diselesaikan aparat tanpa membawa problem masyarakat ke ranah hukum. Terutama sengketa perebutan sumber air warga. Selesaikan konflik secara kekeluargaan,” kata Bupati Juliyatmono kepada wartawan, Senin (9/10).

Menurutnya, Pemda pantas mengeluarkan anggaran sewa rumah untuk keperluan itu. Rumah tersebut dapat dipakai bersamaan petugas Babinsa dari TNI dan Babinkamtibmas dari Polri. Lagipula, lanjut bupati, Pemda belum pernah memberikan kontribusi ke aparat dalam rangka memudahkan kerjanya di lapangan.

Konsep tersebut disampaikan Bupati Juliyatmono saat menyambut AKBP Henik Maryanto sebagai Kapolres Karanganyar, pekan lalu. Kapolres maupun Dandim 0727/Karanganyar Letkol CZI Santy Karsa Tarigan terlihat menyepakati konsep tersebut.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemda hanya menyediakan anggaran sewa rumah kantor babinkamtibmas dan babinsa. Namun tidak termasuk dana operasional lain seperti lauk pauk harian.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge