0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Lemak di Perut Susah Dihilangkan?

Timbangan berat badan. (Dok: Timlo.net/ DoItYourself.com )

Timlo.net—Untuk kesehatan dan dompet Anda, menurunkan berat badan adalah sebuah pilihan yang baik. Tapi setelah berbulan-bulan berolahraga dan mengalami banyak kemajuan, ada sesuatu yang membuat Anda bingung. Perut Anda masih tetap buncit. Kenapa lemak di perut susah untuk dihilangkan? Mungkin itulah pertanyaan yang ada di benak Anda.

Cosmopolitan mewawancarai seorang ahli dalam bidang ini, Dr. Luke James, staf spesialis dari perusahaan asuransi kesehatan Bupa di UK. Alasan kenapa lemak di perut susah hilang ada hubungannya dengan jenis lemak yang tersimpan.

“Secara sederhana, lebih sulit menghilangkan lemak perut karena jumlah sel lemak di dalamnya lebih tinggi sehingga tidak merespon proses penghilangan lemak (lipolisis),” kata Dr. Luke.

Manusia memiliki dua jenis sel lemak: sel lemak alfa dan beta. Dua jenis sel ini bereaksi secara berbeda terhadap rutinitas olahraga kita karena tujuan penciptaan mereka yang berbeda. Sel alfa didesain untuk membatasi aliran darah ke dalam sel dan membatasi proses pembakaran lemak. Sedangkan sel lemak beta meningkatkan aliran darah dan merangsang proses pembakaran lemak.

Jumlah sel lemak alfa dan beta pada diri seseorang tergantung pada faktor genetik. Jadi beberapa orang lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan dengan yang lain. Inilah desain secara evolusioner. Beberapa bagian tubuh kita lebih mudah mengecil dibandingkan bagian lain.

“Saat Anda secara aktif berusaha menghilangkan lemak, Anda mungkin melihat perubahan-perubahan pada wajah, kaki dan tangan terlebih dulu karena di wilayah itu lebih banyak sel alfa,” katanya.

Akan tetapi pada akhirnya, bagian tubuh yang lain akan mengikuti. “Dengan latihan yang teratur dan intens, penambahan asupan protein dan mengurangi gula dalam diet, Anda akan mulai melihat sebuah perubahan setelah tiga bulan,” terang Dr. Luke.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge