0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agustus, Kunjungan Wisman ke Solo Naik 9,32 Persen

Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui pintu masuk Bandara Adi Soemarmo meningkat 9,32 persen pada periode Agustus 2017. Jumlah kunjungan wisatawan tersebut didominasi dari warga Negara Malaysia.

“Pada periode Agustus tercatat jumlah kunjungan wisman sebesar 680 orang, atau meningkat dari periode  sebelumnya yang hanya diangka 622 orang,” ujar Kepala BPS kota Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Senin (9/10).

Jika dilihat dari asal negaranya, Bagus menyebut jumlah wisatawan mancanegara terbanyak berasal dari warga Negara Malaysia yaitu menyumbang sekitar 504 orang. Disusul warga Negara Belanda sebanyak 22 orang, Thailand sebanyak 15 orang dan Meksiko sebanyak 10 orang.

“Malaysia masih mendominasi. Karena terbantu adanya direct flight Solo-Kualalumpur,” jelasnya.

Kendati demikian, ia menyampaikan jumlah penumpang pesawat udara komersial yang datang secara keseluruhan pada periode tersebut berjumlah 112.377 orang. Atau turun jika dibanding bulan sebelumnya sebesar 10,65 persen. Sedangkan untuk keberangkatan kondisinya tidak jauh berbeda, yaitu terjadi penurunan sebesar 26,11 persen. Turunnya jumlah penumpang itu diduga karena adanya penutupan sejumlah rute yang dilakukan oleh pihak maskapai.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge