0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Musim Hujan, Pohon Besar Sepanjang Jalur Utama Dipangkas

BPBD pangkas pohon dan ranting yang menjulur ke jalur utama Boyolali Semarang, (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Memasuki musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama sejumlah intansi terkait, melakukan penyisiran pohon-pohon besar disepanjang jalur Boyolali-Solo. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi bencana pohon tumbang.

“Sebagian besar pohon sudah berusai tua dan sangat membahayakan pengguna jalan,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Senin (9/10).

Upaya antisipasi dilakukan dengan menebang batang pohon dan ranting yang menjorok ke jalur utama. Pemangkasan batang dan ranting dimulai dari wilayah Mojosongo hingga Banyudono melibatkan PLN, Telkom, DPU ESDM dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Tahun lalu, pohon tumbang di batas kota (Boyolali) menimpa pengendara motor, kita antisipasi jangan sampai terulang,” tambahnya.

Dari data di BPBD Boyolali, tercatat selama awal tahun hingga bulan ini, terdapat 18 kasus pohon tumbang. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka.

Sementara itu, sejumlah pengguna jalan mendukung langkah petugas memangkas batang dan ranting pohon yang menjorok ke jalan utama. Seperti diungkapkan Slamet warga Kartasura, yang tiap hari ke Boyolali, mengaku takut melintas bila hujan deras disertai angin kencang.

“Ya takut, kalau tiba-tiba roboh gimana,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge