0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ini Pentingnya Melek Informasi bagi Masyarakat

Information Literacy for Improving Quality of Library Management an Service, di Ruang Seminar Lantai 2 Perpustakaan UNS, Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) dan National Kauhsang Normal University (NKNU) Taiwan menggelar Information Literacy for Improving Quality of Library Management an Service, di Ruang Seminar Lantai 2 Perpustakaan UNS, Solo, Senin (9/10). Menghadirkan Direktur Perpustakaan NKNU Taiwan Prof Yu Yuan Tse PhD  dan Kepala Perpustakaan UNS Muhammad Rohmadi. Acara diikuti para Kepala Perpustakaan, Pustakawan, Kaprodi, Guru dan Penggiat literasi dari berbagai daerah

“Pentingnya melek informasi bagi masyarakat, sehingga dalam menemukan informasi akan mendapatkan data atau informasi yang valid dan actual,” tandas Wakil Rektor 1 UNS bidang Akademik Prof Drs Sutarno MSc PhD saat membuka acara.

Pada kesempatan itu, Yu Yuan Tse menceritakan kemudahan akses yang didapat oleh masyarakat atau mahasiswa di Taiwan dalam mengakses informasi yang ada di perpustakaan NKNU. Salah satu wujudnya ialah kartu yang terintegrasi dan dapat digunakan untuk berbagai akses dan layanan.

“Mahasiswa dipersilahkan untuk memberikan masukan dan saran apapun kepada pihak staf perpustakaan yang diinginkan, guna mengembangkan perpustakaan yang lebih maju,” ujarnya.

Sementara itu, Rohmadi menambahkan, dari perpustakaanlah tumbuh berkembang generasi-generasi muda masa depan yang aktif dan kreatif. Karena dengan generasi tersebut akan lahir produktifitas yang tinggi, yang dapat memunculkan ide dan gagasan yang baru dan berkembang.

“Pustakawan harus berubah mindset dan pola pikirnya, bahwa pustakawan tidak hanya sebagai penjaga buku, tetapi harus berubah menjadi konsultan informasi, konsultan keilmuan bagi masyarakat dalam menemukan atau menggali keilmuan,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge