0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Progres Kereta Bandara Soetta Capai 90 Persen

Kereta Bandara Soekarno-Hatta (merdeka.com)

Timlo.net — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan progres pembangunan prasarana kereta api Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 90 persen. Ditargetkan, kereta ini akan beroperasi pada 25 November 2017.

“Jadi pembangunan ini sudah sesuai dengan target. KA Bandara ini 25 November 2017 sudah beroperasi. Saat ini progresnya mencapai 90 persen. Semuanya ada 11 km, yang belum tersambung 1-2 km,” kata Budi melalui keterangan resminya, Minggu (8/10).

Dia menambahkan, pengerjaan prasarana saat ini hanya menyelesaikan pengurukan tanah.

“Masalah lahan sudah selesai, elektrifikasi sudah terpasang semuanya, hanya tinggal konstruksi, penyelesaian pengurukan dan pembuatan rel,” imbuhnya.

Diperkirakan, waktu tempuh kereta bandara hanya mencapai 45 menit dengan interval kedatangan kereta setiap 30 menit.

Sebagai informasi, total panjang jalur kereta bandara dari Manggarai menuju Soekarno Hatta adalah 37,126 km dengan rincian Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman sepanjang 3,186 km, Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri sepanjang 6,472 km, Stasiun Duri-Stasiun Batuceper sepanjang 15,688 km, dan Stasiun Batuceper-Stasiun Bandara Soetta sepanjang 11,780 km.

Penggunaan prasarana untuk kereta bandara akan menggunakan jalur eksisting sepanjang 24,2 mm dan 12,1 km jalur baru dengan total pengadaan 10 train set.

Sementara itu, kereta bandara memiliki empat relasi di antaranya relasi Jakarta-Soetta dengan 20 perjalanan, relasi Soetta-Jakarta dengan 20 perjalanan, relasi Manggarai-Duri-Soetta dengan 21 perjalanan dan relasi Soetta-Duri-Manggarai dengan 21 perjalanan.

Kereta bandara sendiri akan melalui lima stasiun di antaranya, Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Dengan pengoperasian kereta Bandara diharapkan dapat menambah pilihan bagi masyarakat yang akan dari dan menuju ke bandara.

[sau]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge