0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perbaikan Pasar Gede Sisi Timur Disetujui Rp 1,5 Miliar

Pasar Gede Solo (dok.timlo.net/heru)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 Miliar untuk perbaikan sisi timur Pasar Gede sisi timur. Alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki pemeliharaan atap, pemeliharaan saluran dan instansi pengolahan air limbah (IPAL), serta pemeliharaan mesin dan ground tank.

“Perbaikan Pasar Gede ini sangat penting, karena masuk dalam cagar budaya,” terang Ketua Komisi III DPRD Kota Solo, Honda Hendarto, Minggu (8/10) siang.

Sebelumnya dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Dinas Perdagangan menganggarkan Rp 1 Miliar untuk perbaikan Pasar Gede. Di sisi lain menuruti kebutuhan anggarannya dibutuhkan Rp 1,5 Miliar untuk pemeliharaan ground tank. Untuk itu dilakukan efisiensi pada beberapa program kerja untuk mendukung perbaikan Pasar Gede.

“Efisiensi yang dilakukan, mulai dari pemotongan biaya pembelian HT yang awalnya Rp 100 Juta menjadi Rp 50 Juta, anggaran peresmian pasar Rp 50 juta juga dicoret, Dan terakhir anggaran diambilkan dari memotong anggaran dana PKL yang dikurangi Rp 400 Juta. Kami mengira ini wajar, karena Pasar Gede merupakan ikon utama Kota Solo,” jelas Politisi PDI Perjuangan itu.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, Subagyo mengatakan, pemeliharaan Pasar Gede membutuhkan banyak anggaran. Awalnya, pihaknya menganggarkan Rp 1 Miliar. Akan tetapi dinilai kurang, sehingga melakukan efisiensi sejumlah alokasi yang dinilai kurang efektif.

“Kerusakannya memang parah. Tapi anggarannya terbatas. Dengan masukan dari Dewan diputuskan Rp 1,5 Miliar untuk perbaikan Pasar Gede sisi timur,” terang Bagyo saat dikonfirmasi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge