0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UTP Resmi Terakreditasi B

Solo – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyatakan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) B bagi Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta. Akreditasi B tersebut menyusul 10 Program Studi (Prodi) yang ada di UTP Surakarta yang juga sudah terakreditasi B.

“AIPT B bagi UTP tersebut resmi keluar pada 5 September 2017 dan berlaku selama lima tahun hingga 5 September tahun 2022 mendatang,” ungkap Rektor UTP Surakarta, Prof Ongko Cahyono kepada wartawan, di Kampus UTP, Balekambang, Solo.

Rektor UTP mengatakan, sesuai dengan Undang-Undang (UU) No 12 tahun 2012, tiap PT harus terakreditasi secara institusi maupun Program Studi (Prodi). Dengan memperoleh AIPT B tersebut, menunjukkan bahwa UTP Surakarta ini benar-benar kampus yang legal.

“Sehingga ijasah lulusan tidak lagi diragukan karena sudah mengantongi akreditasi B,” jelasnya.

Untuk proses pengajuan AIPT, Ongko mengaku, memang terhitung lama. Pada bulan Juli 2016, tim dari UTP Surakarta mulai mempersiapkan persyaratan akreditasi. Kemudian tim melakukan penyusunan borang akreditasi.

Lalu pada Maret 2017, tim melakukan pengiriman borang ke BAN-PT. Lalu tanggal 20 hingga 22 Agustus 2017, UTP dikunjungi Assesor dari tiga institusi yaitu dari Institut 10 November Surabaya (ITS), Universitas Makassar dan IAIN Tulungagung untuk melakukan assesment lapangan.

“Dan akhirnya 5 September kemarin AIPT UTP keluar,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge