0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

FKIP UNS Gelar International Conference on Teacher Training and Education

(foto: Tyo Eka)

Solo – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar International Conference on Teacher Training and Education (ICTTE) 2017, di Hotel Sunan, Solo, Sabtu (7/10). ICTTE yang ketiga ini dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik UNS Prof.Drs. Sutarno, M.Sc., Ph.D.

“Konferensi internasional kali ini, menekankan perbaikan kualitas pendidikan dengan aktif mengabungkan teknologi memperbaiki pembelajaran di perguruan tinggi,” jelas Sutarno.

Sutarno mengatakan, The 3rd ICTTE pada tahun 2017 ini bertemakan “Teacher Training and Education: Opportunities and Challenges in Fostering Quality Learning in the Era of Open Knowledge.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Prof Dr. Nunuk Suryani, M.Pd mengemukakan, ICTTE merupakan acara tahunan FKIP dalam bentuk forum ilmiah dengan melibatkan berbagai pihak, yaitu peneliti, birokrat, pengamat, dosen, guru, dan mahasiswa untuk sharing wawasan, pemikiran dan hasil riset terkini terkait isu serta fenomena pengembangan pendidikan guru di seluruh dunia.

Keynote speakers pada The 3rd ICTTE tahun 2017, menurut Nunuk, antara lain, Prof. Paul Kei Matsuda (Arizona State University, USA) yang merupakan pakar di bidang English as foreign language; dan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Menristekdikti Dr. Muhammad Dimiyati.

Selain itu, juga terdapat empat orang invited speakers, masing-masing Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd (Universitas Sebelas Maret Surakarta) yang menjabat sebagai Dekan FKIP UNS dan Pakar Pendidikan dalam Kurikulum, Prof. Norazah Mohd Nordin (National University of Malaysia) sebagai Pakar dalam bidang Teknologi Pembelajaran, Prof. Yuan Tse Yu (National Kaohsiung Normal University (NKNU), Taiwan) sebagai Pakar dalam bidang IT untuk Pendidikan Guru, Kanya Kongsoongnoen, Ed. D (Thepsatri Rajabhat University (TRU), Thailand) sebagai Pakar dalam bidang Language Skills and Teacher Training di Thailand.

Lebih lanjut Nunuk mengungkapkan, pada the 3rd ICTTE terdapat 243 judul paper yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Jepang. Setelah melewati proses seleksi terdapat 155 paper yang akan dipresentasikan dengan topik mencakup berbagai aspek dalam perkembangan pendidikan, pembelajaran, dan pengembangan institusi pendidikan guru, dan pemanfaatan IT untuk kemajuan pendidikan dan pelatihan guru.

“Selain peserta dari Indonesia, ICTTE tahun ini juga mengundang secara khusus delegasi dari Thepsatri Rajabhat University, Thailand,” jelas Prof Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge