0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Istri Kapolres Uruskan Akta Kelahiran untuk Warga Kurang Mampu

Ketua Bhayangkari Polres Sragen, Tia Arif Budiman, menyerahkan akta kelahiran. (foto: Agung)

Sragen – Pentingnya kepemilikan akta kelahiran menjadi perhatian tersendiri bagi ibu-ibu Bhayangkari Polres Sragen. Para istri polisi itu memberikan bantuan menguruskan akta kelahiran, tidak hanya untuk anak polisi, tapi juga warga sekitar Polres yang kurang mampu.

“Mereka kita bantu memfasilitasi kemudahan untuk mendapatkan akta kelahiran bagi anak mereka yang belum memiliki akta kelahiran,” kata Ketua Bhayangkari Polres Sragen, Tia Arif Budiman, Jumat (6/10).

Usai menyerahkan secara simbolis akta kelahiran kepada lima penerima di Mapolres Sragen, Tia menyampaikan, sementara ini sudah ada 50 anak anggota Polri dan warga kurang mampu yang telah difasilitasi.

Bantuan pengurusan akta ini sebagai bentuk kepedulian Bhayangkari Polres Sragen terhadap hak-hak sipil anak. Pasalnya, akta kelahiran sangat vital bagi anak ketika mendaftar ke sekolah.

Menurut istri Kapolres Sragen ini, kegiatan ini bagian dari memperingati Hari Gerak Kesatuan Bhayangkari. Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcatpil) Sragen untuk kepengurusan akta lahir tersebut.

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dispendukcatpil Sragen, Uni Mawarni mengatakan, secara umum kesadaran masyarakat untuk mencari akta kelahiran anak sudah relatif tinggi. Termasuk anak-anak anggota Polri juga sudah banyak yang dibuatkan akta kelahiran.

“Diharapkan memang semua anak di Indonesia khususnya Sragen, punya akta kelahiran. Karena itu adalah hak sipil anak untuk memiliki akta,” jelasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge