0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lelang Pembangunan Pasar Klewer Timur Tak Diminati Kontraktor

pasar Klewer timur (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Lelang proyek pembangunan fisik Pasar Klewer Timur sepi peminat. Hingga hari terakhir masa lelang, tak satupun perusahaan yang mendaftarkan diri untuk menggarap proyek senilai Rp 47,2 Miliar itu.

“Kemarin memang sampai hari terakhir belum ada yang mendaftar,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagio, Sabtu (7/10).

Waktu yang tersisa untuk mengerjakan pasar Klewer Timur bisa dibilang mepet. Dengan rancangan dua lantai dilengkapi basement, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo hanya memiliki waktu efektif sekitar empat bulan untuk lelang sampai pembangunan fisik.

Tahap lelang saja sudah memakan waktu satu bulan. Kalaupun lelang berjalan lancar, pemenang lelang harus merampungkan pengerjaan fisik itu dalam waktu kurang dari tiga bulan.

Kendati demikian, Subagio optimis pembangunan Pasar Klewer Timur bisa rampung tepat waktu. Ia tak mau berspekulasi mengenai penyebab proyek puluan miliar itu tak diendus para kontraktor.

“Saya nggak mau menduga-duga,” kata dia.

Di sisi lain, pembongkaran Klewer Timur sendiri selesai. Dengan molornya lelang pembangunan fisik, lahan yang rencananya menjadi tempat pembangunan Klewer Timur itu belum bisa digarap.

“Sebenarnya kalau lancar bisa langsung dikerjakan begitu pembongkaran selesai,” kata Subagio.

Untuk diketahui, pembangunan Pasar Klewer Timur sebenarnya sudah molor sejak awal. Dijadwalkan dibangun awal semester kedua tahun 2017, proyek lanjutan revitalisasi Pasar Klewer itu terpaksa mundur karena Pemkot tak kunjung mendapatkan kepastian dari Kementerian Perdagangan. Baru akhir Agustus lalu, Pemkot mendapatkan surat resmi tentang ketersediaan anggaran dari Kemendag.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge