0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berulangkali Ditalut, Bibir Sungai Siliwur Ambles Lagi

Bibir sungai siliwur yang selalu ambles pasca di perbaiki (foto: Putra)

Sukoharjo – Bibir Sungai Siliwur, Desa Tegalsari, kecamatan Weru ambles sepanjang 100 meter sejak akhir tahun 2016, hingga saat ini belum diperbaiki. Kondisi ini meresahkan warga sekitar, karena jalan di depan rumah mereka ikut ambles sedalam satu meter.

“Awalnya hanya 50 meter yang ambles namun akhir-akhir ini bertambah 50 meter lagi dan cukup mengkhawatirkan warga. Karena daerah ini sudah bisa dipastikan menjadi langganan banjir setiap tahunnya, dengan kondisi ini pastinya lebih membahayakan,” kata Kepala Desa Tegalsari, Sumarno, sabtu (7/10).

Amblesnya bibir Sungai Siliwur di Dusun Tegalsari, Desa Tegalsari ini sudah bertahun-tahun terjadi dan sudah beberapa kali dilakukan perbaikan. Namun perbaikan tidak bertahan lama dan kembali ambles, terakhir pada Desember 2016 yang hingga sekarang belum dilakukan perbaikan karena keterbatasan anggaran.

Bahkan ambles yang terakhir juga mengakibatkan jalan desa ikut ambles dan memutus akses antar kampung. Lokasi ambles tersebut tepat berada di depan rumah Trianingsih (50) yang terpaksa harus membuat jalan alternatif sendiri untuk akses keluar masuk rumah.

“Yang terakhir kali dibronjong dengan batu dan kawat, namun belum genap dua bulan ambles lagi karena hujan. Saya sendiri juga sampai heran kenapa bisa begitu. Kalau dilihat di sungai, ada dua lapisan bronjong batu sejak tahun 2002, dan 2010 kalau tidak salah ikut ambles dan masih kelihatan di dasar sungai,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge