0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecerdasan Buatan Google Miliki IQ Lebih Tinggi Dibanding yang Lain

Google Assistant. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Dalam dunia modern sekarang ini, teknologi berkembang sedemikian rupa hingga bisa memprediksikan kebutuhan kita. Misalnya sekarang kita melihat iklan di situs yang sesuai dengan produk yang kita cari sebelumnya.

Perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) untuk mengenali dan menolong kita memperoleh kebutuhan kita. Pertanyaan seberapa cerdaskah AI yang ada saat ini? Para peneliti dari Cornell University, Amerika Serikat (AS) berusaha menjawab pertanyaan itu. Mereka menguji semua AI yang tersedia untuk umum. Hasilnya, AI buatan Google menduduki posisi pertama.

Ketiga peneliti Feng Liu, Yong Shi dan Ying Liu berkata jika AI Google memiliki IQ 47,28. Skor itu merupakan hasil tes yang diadakan pada 2016. Hal ini berarti skor IQ AI Google di bawah IQ seorang anak enam tahun. Anak-anak berusia 6 tahun rata-rata memiliki IQ 55,5. Walaupun tidak terdengar terlalu pintar, tapi IQ AI Google mengalahkan para kompetitornya dengan perbedaan yang besar. Siri milik Apple memiliki IQ 23,9. Bing milik Microsoft memiliki skor 31,98. Sedangkan Baidu milik Cina memiliki skor 32,92.

Beberapa pihak mungkin gembira mengetahui AI di masa sekarang tidaklah secerdas anak usia enam tahun. Ada beberapa nama besar dalam industri teknologi yang kuatir akan bahaya AI jika terlalu pintar. Hingga sekarang belum ada anak usia 6 tahun dengan IQ normal yang bisa menguasai dunia. Jadi kemungkinan AI menguasai dunia sekarang ini sangatlah kecil.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge