0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinilai Berbahaya, ’Halte Agraria’ Bakal Dipindah

Bus mini dan AKDP ngetem di Selatan Kantor ATR/ BPN Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Pemkab Wonogiri dalam waktu dekat ini bakal memidahkan lokasi pemberhentian kedaraan umum yang berada Jalan Pemuda Wonogiri. Lokasi yang sering disebut Halte Agraria itu dinilai berbahaya lantaran berdekatan dengan sekolah dasar.

“Sebagai gantinya, Pemkab akan bangun semacam rest area dibekas lahan pabrik jamu seluas 3.600 meterpersegi  yang letaknya tak jauh dari tempat mereka ngetem,” ungkap Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Jumat (6/10).

Dijelaskan bupati, lokasi ngetem tersebut memang sudah ada sejak lama. Dalam satu hari, lokasi yang berada di selatan Kantor ATR/BPN Wonogiri itu terdapat ratusan angkutan umum berbagai jurusan yang berhenti.

”Ketika bus ngetem berjajar hingga depan SDN 1 Wonogiri, tanpa sadar parkir mereka memakan badan jalan. Diperparah lagi ketika penjemput anak- anak SD pulang lalu lintas padat jalan raya jadi menyempit, kan bahaya kalau begini. Sudah saatnya lokasi itu dikembalikan sebagai fungsi awalnya, yakni sebagai wajah kota,” katanya.

Menurut bupati, di lokasi yang baru nanti, diperkirakan mampu menampung puluhan kendaraan angkutan umum. Meski demikian, dirinya enggan menyebut kapat rencana ini bakal terealisasi.

”Hemat saya, perwajahan kota jadi ya harus ditata agar bisa rapi. Dan tidak menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan lainnya,” tandasnya.

Seorang sopir bus mini, Darmanto menyatakan, tidak menyoal soal penggeseran lokasi ngetem. Bahkan para sopir mendukung kebijakan bupati. Hanya saja, mereka menuntut aturan itu juga diberlakukan terhadap bus AKDP, agar tidak memicu permasalahan dikemudian hari.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge