0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sewa Alun-Alun Utara Melonjak, Ini Tanggapan Pemkot

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo (dok.timlo.net/red)

Solo — Sewa biaya alun-alun utara Keraton Kasunanan Solo yang digunakan untuk pasar darurat Pasar Klewer Sisi Timur meningkat. Pembayaran sewa alut sebelumnya mencapai Rp1,5 miliar, akan tetapi untuk kali ini meningkat menjadi Rp2,5miliar.

“Sewa alut (alun-alun utara) meningkat tajam,” terang Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagyo, Jumat (6/10).

Berdasarkan pemberitahuan ke Dinas Perdagangan, kontrak sewa alun-alun utara dihitung per tanggal 31 Juli 2017 hingga 31 Juli 2018. Mengingat perkembangan pembangunan Pasar Klewer Timur saat ini yang belum dimulai proyek fisiknya, diperkirakan operasional Pasar Klewer Timur akan dibuka Bulan September-Oktober mendatang.

“Saat ini, kami dalam posisi sulit,” keluh Subagyo.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi III DPRD Kota Solo, Honda Hendarto mengatakan bahwa pihak Keraton Surakarta memiliki hak untuk menentukan biaya sewa.

“Kalau maunya seperti itu, ya mau gimana lagi. Biar masyarakat mengetahuimya dan seharusnya memang dipublish oleh Pemkot. Karena mereka (Keraton) memiliki hak, tinggal Pemkot bagaimana dan masyarakat menanggapinya bagaimana. Kita tetap hatus menghormati hak keraton. Dan kembalikan semuanya ke masyarakat. Biar masyarakat yang menilai, kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin untuk menyiapkan anggaran,” katanya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge