0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Western Digital Perkenalkan Hard Disk 14TB Pertama di Dunia

Western Digital 14 TB. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Kapasitas tempat penyimpanan data semakin bertambah besar selama beberapa tahun terakhir ini. Harganya juga semakin lama semakin murah dan teknologi di dalamnya semakin canggih. Western Digital baru-baru ini mengumumkan hard disk yang mereka sebut sebagai hard disk 14TB pertama di dunia. Hard disk dengan nama HGST Ultrastar Hs14 itu memiliki kapasitas sebesar 14 terabytes.

Western Digital berkata jika hard disk itu lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan hard disk 12TB yang mereka rilis tahun lalu. Seperti disk berkapasitas tinggi lainnya, HGST Ultrastar Hs14 diisi dengan helium. Hal ini penting untuk bagian hard disk yang berputar. Helium membuat proses putaran lebih lancar, tulis Ubergizmo.

Western Digital bisa mencapai kapasitas penyimpanan sebesar itu karena penggunaan Shingled Magnetic Recording pada delapan lempengan di dalamnya. Lempengan itu ditumpuk sehingga memungkinkan densitas yang lebih besar. Selain itu, cara ini memungkinkan efisiensi energi. Perusahaan itu berkata jika hard disk tersebut mengkonsumsi daya listrik 5,2 W saat menganggur dan 6,2 W saat dipakai.

Hs14 tersedia untuk konfigurasi SATA dan SAS. Hard disk itu didesain untuk berjalan dengan clock paling tidak 2,5 juta per jam. Jadi hard disk ini bisa digunakan sebagai server dan untuk perusahaan. Western Digital belum mengumumkan harganya, tapi kemungkinan hard disk ini berharga lebih mahal.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge