0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Saran Founder OT Group kepada Pengusaha di Solo

Founder Orang Tua Group, Hamid Djojonegoro saat menyampaikan materi (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Founder Orang Tua Group, beberkan beberapa tips kepada sejumlah pengusaha di Solo yang ingin mengembangkan usaha. Dalam seminar kewirausahaan bertajuk Organize-Manage-Assume Risk yang digelar di Els Convention Center Solo Paragon Mall tersebut turut dihadiri sejumlah tokoh, seperti Kepala Dinas Perdagangan, Ketua Kadin Solo, Ketua Perbarindo dan lainnya.

“Menjadi seorang entrepreneur itu bukan milik satu golongan, tapi semua orang memiliki kesempatan yang sama selama mau berusaha,” ujar Founder Orang Tua Group, Hamid Djojonegoro, Kamis (5/10) malam.

Menurut Hamid, untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adalah memiliki pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisa, sintesa, action dan harus berani mengevaluasi program yang dilakukan.

“Kalau sudah punya ide bisnis jangan buru-buru merealisasikan, tapi yang lebih penting adalah menggumuli ide itu sampai tuntas. Dan yang lebih penting adalah jangan berfikir untung dulu tapi bagaimana langkah yang diambil kalau rugi,” jelasnya.

Sebagai seorang entrepreneur yang sudah merasakan pahit getirnya menjalankan usaha, Hamid mengatakan ketika orientasi perusahaan sudah berfikir untuk menaikan harga atau meningkatkan keuntungan, mencari kambing hitam, jenuh, fokus pada konflik dan tidak memikirkan pengembangan SDM dan visi perusahan dipastikan akan segera bangkrut.

Oleh karena itu pihaknya mengajak para pelaku entrepreneur untuk segera berbenah, jika arah perusahaannya sudah terjadi demikian.

“Yang terpenting dalam menjalakan bisnis adalah jangan takut melakukan perubahan. Usahakan setiap kerja yang dilakukan, selalu terkontrol, termonitoring dan memiliki target,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge