0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pabrik Triplek di Sambungmacan Terbakar

Petugas PMK memadamkan api di PT Putra Sukowati Jaya Mandiri yang terbakar (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sebuah pabrik pengolahan kayu/triplek PT Putra Sukowati Jaya Mandiri terbakar. Diduga kebakaran pabrik yang berada di Jalan Raya Sragen – Ngawi Km 7, tepatnya Dukuh Lemahbang, Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan itu akibat listrik padam.

“Pabrik mengalami kebakaran pada boiler yang berfungsi untuk mengalirkan panas ke mesin press draiyer dan hotpress,” kata Kapolsek Sambungmacan, AKP Joko Widodo, Kamis (5/10).

Dia menyampaikan, penyebab dari kebakaran adalah adanya listrik padam. Sehingga pompa tidak bisa memompa oli yang sudah dipanaskan. Sedangkan suhu didalam boiler semakin tinggi karena terjadi sirkulasi kemesin press driyer dan hot press.

”Karena pipa tidak kuat menahan tekanan panas dari boiler sehingga bocor dan terjadi percikan api,” terangnya.

Kebakaran itu sendiri terjadi Kamis siang sekitar pukul 12.30 WIB. Kejadian tersebut sempat membuat panik karyawan pabik. Untung saja petugas sigap dan segera melakukan evakuasi hingga tidak ada korban dalam insiden itu.

Kepala Mekanik, Darminto (31) menerangkan, awalnya sekitar pukul 12.15 WIB listrik padam. Kemudian dia bersama rekannya melakukan pengecekan di bagian boiler. Saat di lokasi itulah dia melihat ada percikan api pada pipa boiler.

Karena khawatir bakal terjadi kebakaran yang lebih besar, kemudian dia menghubungi petugas pemadam kebakaran Srsgen. Sebanyak tiga mobil PMK dikerahkan ke lokasi kejadian, sehingga api bisa dijinakkan.

AKP Joko Widodo mengatakan, tidak ada kerugian material yang menonjol dan korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge