0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPPM UNS Roadshow Hasil Penelitian Metil dan Kerajinan Batu Permata

Dr Pradipto sedang melakukan penelitian metilasi DNA (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar roadshow hasil penelitian Metilasi DNA dan Produktivitas Pengrajin Batu Permata, Kamis (5/10). Penelitian ini berlangsung di Kampus Fakultas Kedokteran UNS, Solo dan Produktivitas Pengrajin Batu Permata di Sangiran Sragen.

“Kegiatan ini sengaja mengajak wartawan ikut mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dicapai Universitas Sebelas Maret,” jelas Sekretaris LPPM UNS Ir Ary Setyawan MSc PhD kepada wartawan, di sela-sela roadshow.

Hasil penelitian yang pertama, menurut Ary, adalah penelitian tentang Metilasi DNA. Penelitian Metilasi DNA ini adalah merupakan penelitian yang dikerjakan oleh Dr Pradipto Subiyantoro drg SpBM. Kedua adalah penelitian Prof DrRahmawati MSi AkCA tentang peningkatan produktivitas dan nilai tambah pengrajin Batu Permata di Sangiran Sragen melalui akses teknologi, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya berbasis kearifan local.

Pada kesempatan itu, Dr Pradipto mengemukakan, metilasi DNA adalah suatu komponen kimia yang menempel pada rangkaian DNA yang mempunyai banyak fungsi. Salah satu fungsi yang merugikan adalah gen yang tertempel metal dalam jumlah tertentu akan membuat gen tersebut tidak aktif dan memulai awal terjadinya tumor.

“Memang ada banyak proses untuk terjadi kanker dimana salah satunya peranan salah satu gen dan salah satu metoda yang menjadi topic penelitian untuk pemeriksaan metilasi DNA,” jelasnya.

Sementara itu, Rahmawati menjelaskan penelitian terkait pengrajin batu permata di Sangiran Sragen merupakan penelitian pengembangan. Hasil yang telah dicapai adalah Training Need Analysis, penerapan peralatan yang digunakan untuk memecah dan memoles batu permata dan fosil, penerapan alat bur batu dan pengembangan desain perhiasan dari batu permata dan fosil.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge