0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kembangkan Pariwisata Soloraya Perlu Badan Khusus

Suasana FGD yang digelar Angkasa Pura I (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Guna mendorong kolaborasi pengembangan pariwisata, Pemerintah Daerah (Pemda) di Soloraya diminta untuk menyiapkan badan khusus. Lembaga tersebut nantinya diberi tugas untuk memformulasikan konsep bersama yang bisa diterima oleh berbagai pihak.

“Mestinya memang perlu ada badan khusus yang dibentuk. Sehingga egosentris antar pemda di Soloraya yang selama ini menjadi penghambat pengembangan pariwisata bisa ditekan,” ujar Tenaga Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Udara Kementerian Pariwisata, Robert D Waloni kepada wartawan, di Solo, Kamis (5/10).

Dikatakan, potensi pariwisata di Soloraya yang ada saat ini dianggap cukup potensial untuk bisa dikembangkan. Mulai dari wisata budaya, sejarah, kuliner, shoping dan alam. Kalau potensi tersebut bisa dibuat masterplan pariwisata yang terintegrasi, menurutnya berpotensi mendatangkan wisatawan.

“Dengan banyaknya potensi yang dimiliki, saya melihat ada pasar pariwisata yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah untuk menggaet wisatawan dari Tiongkok, Korea dan India. Karena selama ini wisatawan di negara tersebut suka dengan wisata sejarah dan alam” jelasnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda SoloEny Tyasni Suzana menyampaikan, branding Yogyakarta, Solo dan Semarang (Joglosemar) sebenarnya sudah diakui oleh Menteri Pariwisata. Namun jika Solo dirasa kurang diharapkan untuk mewakili branding wisata di Soloraya, pihaknya berharap bisa duduk bersama untuk saling mendiskusikan.

“Karena memang pengembangan pariwisata tidak bisa berjalan kalau masih berkutat kepada egosentris daerah,” terangnya.

Sedangkan terkait dengan pembentukan badan khusus pengembangan pariwisata di Soloraya, Eny mengaku sebelumnya sudah pernah dibentuk. Namun dalam perjalanan tidak berjalan efektif karena terganjal reglasi dimasing-masing daerah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge