0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

CaloRieco, Perangkat Untuk Hitung Kalori Makanan

Panasonic Calories Counter. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Jika Anda sedang diet, entah berusaha mengurangi berat badan atau menambahnya, menghitung kalori adalah langkah penting. Ada beragam aplikasi yang bisa menolong Anda. Tapi sebagian besar aplikasi menghitung kalori berdasarkan porsi makanan.

Penghitungan ini tidaklah selalu akurat. Misalnya satu porsi burger di sebuah restoran, berbeda dengan porsi burger di restoran lain. Sekalipun beratnya sama, burger itu bisa jadi memiliki kalori berbeda. Panasonic berusaha mengatasi permasalah ini dengan menciptakan sebuah perangkat disebut CaloRieco. Perangkat itu dipamerkan di ajang CEATEC 2017, tulis Ubergizmo.

Mesin itu bisa menghitung kalori makanan. CaloRieco menggunakan teknologi refleksi cahaya. Teknologi itu akan menentukan nilai nutrisi makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein. Cara kerjanya mirip dengan spektrometer massa, hanya tidak serumit dan secanggih itu.

Mesin ini barulah berupa prototipe. Produk akhir mungkin berbeda dari mesin yang dipamerkan. Panasonic tidak mengungkap kapan mesin itu dirilis atau berapa harganya. Tapi perusahaan itu berharap jika mesin itu berguna untuk para penderita diabetes dan keluarga mereka untuk mengatur makanan dan kesehatan mereka.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge