0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masih Rendah, Perhatian Pemda terhadap Wirausaha Muda

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Ponijan (tengah) (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap wiirausaha muda umumnya masih rendah. Padahal secara regulasi, Pemerintah Pusat mempermudah sejumlah ketentuan bagi Pemda untuk mendukung pengembangan wirausaha muda.

“Hingga saat ini baru ada sekitar empat daerah kabupaten/kota yang memiliki Peraturan Daerah yang berkaitan dengan pengembangan wirausaha muda,” ungkap Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Ponijan kepada wartawan, di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Kamis (5/10).

Menurut Ponijan, pemerintah daerah belum mampu menangkap program dari pusat terkait pengembangan kewirausahaan di kalangan pemuda. Padahal secara regulasi, aturan yang menjadi payung hukum kegiatan semacam itu di sejumlah daerah didorong agar segera diatur.

Di sisi lain ada pula yang di daerahnya sudah ada peraturan daerah,  namun masih sangat sedikit pemerintah daerah yang memberi fasilitasi bagi kalangan muda untuk berkembang melalui wirausaha. “Bahkan cenderung tidak proaktif,” ujarnya.

Untuk itu, kata Ponijan lagi, Kemenpora saat ini sedang gencar mengajak Pemuda berwirausaha. “Program pemuda berwirausaha ini penting dan saat ini kita sosialisasikan di berbagai perguruan Tinggi, pondok-pondok pesantren , di desa-desa,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge