0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Para Ahli Percaya Telah Temukan Lokasi Jenazah Sinterklas

Myra St. Nicholas Church. (dok: timlo.net/ nydailynews.com )

Timlo.net—Para arkeolog Turki percaya mereka menemukan sisa jenazah Santo Nicholas. Dia lebih dikenal di antara para anak kecil sebagai Sinterklass atau Santa Claus. Sisa jenazah itu ditemukan di kubur yang utuh di St. Nicholas Church di distrik Demre, Turki, tulis Daily News.

Cemil Karabayram, kepala Monument Authority di Antalya, Turki berkata kepada media lokal jika kuburan itu ditemukan menggunakan survei elektronik. Celah di dalam survei yang muncul di bawah gereja menunjukkan lokasi makam itu.

Cemil berkata kepada the Hurriyet Daily News jika mereka percaya kuburan itu tidak rusak sama sekali. Tapi sulit diakses karena dekat dengan mosaik. Saat digali, para arkeolog harus melepaskan ubin dari mosaik. Cemil berkata jika para peneliti dari beragam bidang ilmu menolong penemuan arkeologis itu.

Santo Nicholas dipercaya hidup dari 270 hingga 343 SM. Setelah meninggal, dia dikubur di Demren (lalu dikenal sebagai Myra). Kuburan itu tidak tersentuh hingga abad ke-11. Kemudian dipercaya jika jenazahnya ke Venice atau Bari, Italia. Pemindahan ini dilakukan di tengah-tengah perang salib.

Sementara kisah lainnya menyatakan jika tulang-tulangnya dipindah ke Irlandia selatan. Pemindahan itu dikawal oleh para ksatria Perancis. Akan tetapi, kepercayaan yang umum dipegang adalah tempat peristirahatan terakhir Santo Nicholas adalah di the Basilica di San Nicola di Bari, Italia. Tapi para ahli arkeologi Turki berkata jika yang dipindahkan ke Eropa adalah tulang-tulang yang salah. Mereka percaya jenazah itu adalah jenazah seorang pendeta yang tidak dikenal.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge