0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti Kembangkan Tato yang Bisa Deteksi Perubahan Kesehatan

Tato cerdas. (dok: timlo.net/ nydailynews.com)

Timlo.net—Para peneliti dari Harvard dan MIT, Amerika Serikat (AS) mengembangkan tato cerdas. Tato itu bisa mendeteksi dehidrasi dan tingkat gula darah. Tato itu disebut Dermal Abyss, dilengkapi dengan colorimetric dan biosensor yang berpendar. Warna tato berubah berdasarkan zat kimia pH, sodium, glukosa dan ion hidrogen yang ada dalam cairan tubuh.

Uji coba dilakukan menggunakan kulit babi yang ditato. Lalu cairan yang meniru pH atau glukosa disuntikkan ke dalam kulit. Warna berubah tergantung dari tinta yang diuji. Tinta pendeteksi pH akan berubah dari ungu ke pink. Glukosa yang naik yang mengubah warna tato dari hijau ke coklat. Indikator sodium akan mengubah tato hijau menjadi lebih tua di bawah sinar UV.

Tato itu bisa menjadi alat vital untuk merawat sejumlah penyakit. Daripada menusuk jari tangan setiap hari, para penderita diabetes bisa menggunakan tato ini untuk mengukur gula darah mereka, tulis Daily News. Mengawasi tingkat sodium bisa menolong kita tahu jika kita dehidrasi dan ginjal berfungsi baik atau tidak.

Penelitian itu ditulis dalam artikel berjudul “The Dermal Abyss: Interfacing with the Skin by Tattooing Biosensors”. Artikel itu dipresentasikan pada September 2017 di the International Symposium on Wearable Computers di Hawaii, AS. Para peneliti menekankan manfaat menggunakan tato bioteknologi. Tato itu ringan, bisa digunakan tanpa listrik, tidak perlu diisi ulang. Perubahan kulit tidak akan mempengaruhi penggunaan tato. Pemakai bisa memilih tato yang transparan jika ingin. Tato hanya akan terlihat jika terjadi terpapar cahaya tertentu, misalnya cahaya ponsel.

Ada aplikasi pendamping yang menganalisa tato. Perangkat seperti Apple Watches atau FitBit bisa digunakan untuk mengawasi perubahan tato. Keduanya juga bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi kesehatan pengguna dari perubahan warna tato.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge