0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan Mulai Turun, Petani Jaten Lepas Pompa Air

(Lahan pertanian di Jaten. (Foto:Raymond))

Karanganyar – Sebagian lahan pertanian di Kecamatan Jaten mulai mengandalkan kembali saluran irigasi teknis untuk suplai air ke sawah. Sebelumnya, mereka mengandalkan air tanah dari mesin pompa.

“Hujan mulai turun, sehingga saluran kembali terisi air. Baru tiga hari ini lepas pompa air,” kata Camat Jaten, Aji Pratama Heru K kepada Timlo.net, Rabu (4/10).

Total areal pertanian di Jaten 1.000 hektare dengan rata-rata tiga kali panen setahun. Mengenai program rehabilitasi irigasi teknis, ia tak tahu persis sasaran di Jaten. Seharusnya dengan mempertimbangkan lahan padi luas di wilayahnya, Pemkab memprioritaskan.

Sebagaimana diberitakan, rehabilitasi saluran irigasi teknis digelontor Rp 10 miliar tahun ini. Pengerjaannya melalui sistem lelang dengan 32 sasaran.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Heru ini mengatakan, anomali cuaca banyak memunculkan problem pertanian. Mulai dari serangan organisasi pengganggu tanaman (OPT) sampai masalah suplai air. Meski begitu, belum sampai terdeteksi gagal panen di wilayahnya.

“Petani pasti punya banyak jurus menyelamatkan sawahnya. Kami sudah terlatih,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge